HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG JAJANAN YANG AMAN DENGAN KEBIASAAN JAJAN PADA SISWA KELAS V DI SDN TANAMODINDI PALU

Masfufah Masfufah, Armenia Eka Putriana

Abstract


Jajanan anak sekolah menjadi suatu masalah yang perlu diperhatikan oleh masyarakat, khususnya bagi orang tua, pihak sekolah dan instansi pelayanan kesehatan karena jajanan anak sekolah sangat beresiko mengganggu kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap tentang jajanan yang aman dengan kebiasaan jajan pada siswa SD kelas V di SDN Tanamodindi Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tanamodindi Palu berjumlah 62 orang. Besar sampelnya dihitung berdasarkan rumus slovin dengan jumlah sampel 38. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang memiliki pengetahuan baik yaitu 71,7%, sebagian besar responden memiliki sikap baik yaitu 55,3% dan sebagian besar memiliki kebiasaan jajan yang baik yaitu 52,6%. Hasil uji Chi-Square didapatkan nilai p=0,000 (? 0,05), ini berarti secara statistik ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap siswa tentang jajanan aman dengan kebiasaan jajan pada siswa SD kelas V. Simpulan: ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap siswa tentang jajanan aman dengan kebiasaan jajan pada siswa SD kelas V.

Full Text:

PDF


View My Stats